Sirkulasi Udara Rumah yang Lebih Baik menggunakan Roster Beton

Perkembangan arsitektur bangunan saat ini kian pesat, terutama dalam pengaturan sirkulasi udara rumah. Dalam satu abad terakhir, sirkulasi udara rumah menjadi salah satu titik penting yang menjadi fokus pengembangan hunian yang lebih baik. Bagian yang sangat diperhatikan adalah lubang angin atau roster. Saat ini, jenis roster yang banyak digunakan adalah jenis roster beton.

Penggunaan roster selain sebagai pengatur sirkulasi udara rumah, roster juga meningkatkan penampilan rumah Anda. Roster yang digunakan dapat divariasikan bentuknya sesuai kebutuhan yang diinginkan. Variasi bentuk roster meningkatkan keselarasan tampilan rumah Anda. Salah satu bentuk roster yang digunakan roster berbentuk terakota.

Material Pembuat Roster

Begitu banyak jenis roster yang dijual di pasaran membuat Anda harus memilih secara cermat untuk kebutuhan roster Anda. Terdapat beberapa material yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan mulai dari tanah liat hingga beton. Semua material roster mengikuti bentuk rumah yang Anda inginkan. Tentu saja, harga beli roster akan ditentukan oleh material yang Anda pilih.

  • Roster Kayu

Material pertama yang bisa dijadikan sebagai roster rumah adalah kayu. Meskipun menggunakan kayu, namun tidak semua kayu dapat dijadikan sebagai bahan roster. Terdapat beberapa kriteria seperti kekuatan, kepadatan, dan kelenturan dari kayu tersebut. Sebagian besar roster kayu terbuat dari kayu jati dan kayu mahoni.

 

Kedua material ini dipilih berdasarkan tingkat kekuatan, kepadatan, dan kelenturan yang telah sesuai dengan standar. Kayu jati dan kayu mahoni yang dipilih kemudian akan diphat dan diukir sesuai dengan motif yang telah ditentukan. Roster kayu jika dibandingkan dengan roster betonataupun roster lainnya bersifat lebih ringan.

 

Sebagian besar roster kayu yang dibuat berbentuk persegi panjang dengan variasi ukuran. Biasanya roster kayu berukuran 25 x 25 cm dengan ketebalan 12 cm. Anda bisa mendapatkan roster jenis ini pada situs rosterbangunan.com. Anda dapat menyesuaikan ukuran yang diinginkan dengan harga yang ramah di kantong.

 

  • Roster Tanah Liat

Material kedua yang biasa digunakan sebagai roster bangunan rumah adalah tanah liat. Roster tanah liat biasanya menggunakan cetakan dan beberapa teknik seperti pembakaran dan pengeringan. Awalnya, tanah liat dibentuk sesuai dengan cetakan yang tersedia kemudian dikeringkan. Setelah kering, roster tanah liat dibakar hingga menjadi keras.

 

Setelah roster tanah liat menjadi keras, maka roster tersebut telah siap digunakan. Meskipun terlihat keras, jika dibandingkan dengan beberapa material roster lain, roster tanah liat memiliki bentuk dan kekuatan bahan yang lebih rendah dibandingkan yang lainnya. Untuk harga, Anda bisa membeli dengan harga 5000-10000 per buahnya di rosterbangunan.com.

 

  • Roster Beton

Berbicara mengenai roster bangunan rumah, saat ini muncul tren yang di antara para arsitektur yaitu menggunakan roster dengan material beton. Roster dengan material beton mampu meningkatkan estetika rumah minimalis Anda menjadi lebih cantik. Roster ini juga tidak hanya digunakan pada desain interior, namun mengalami perkembangan pada desain eksterior.

 

Sebagian besar pemanfaatan roster beton digunakan pada desain interior, namun Anda dapat menggunakan roster beton untuk keperluan desain eksterior seperti pagar minimalis, pot tanaman, dan sejenisnya. Tema warna monokrom akan meningkatkan keindahan rumah Anda baik dari luar maupun dalam rumah.

 

Roster ini terbuat dari campuran abu batu yang berwarna abu-abu atau pasir dengan semen. Pembuatan roster material beton dilakukan dengan mencampur semen dengan abu batu dengan perbandingan kepadatan yang baik. Setelah mencampur bahan yang ada, kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan dibiarkan hingga mengering.

 

Anda dapat mengatur variasi bentuk cetakan untuk meningkatkan estetika penampilan rumah. Sebagian besar, ukuran cetakan beton berada pada 20 x 20 cm dengan ketebalan 10 cm dan memiliki bentuk bujur sangkar maupun persegi panjang. Namun, juga terdapat ukuran 25 x 25 cm. Semua jenis ukuran roster ini bisa Anda dapatkan di rosterbangunan.com.

Roster bangunan selain digunakan sebagai sirkulasi udara dalam rumah juga dapat digunakan untuk mempercantik tampilan rumah Anda. Roster betonbisa menjadi pilihan yang tepat selain kekuatan bahan, juga memiliki warna yang cantik. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan roster dengan harga yang murah di rosterbangunan.com